Minggu, 03 April 2016

Manajemen Pengetahuan Wal-Mart Inc.


Wal-Mart adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang menjalankan rantai toko diskon departemen besar dan gudang di beberapa negara. Wal-Mart inc. memulai bisnisnya pada tahun 1962 dan menjadi perusahaan resmi pada tahun 1969 dan mulai memperdagangkan saham sebagai perusahaan publik yang pada tahun 1970. Perusahaan ini menjalankan proses bisnis nya dengan tujuan utamanya untuk memungkinkan pelanggan mereka menghemat uang dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Hingga saat ini, perusahaan dapat bersaing dengan berada posisi terdepan dalam bisnis ritel di skala global tetapi masih memiliki banyak pekerjaan di masa depan untuk memastikan bahwa posisi ini dapat dipertahankan. Realisasi ini tidak diragukan lagi akan tergantung pada kemampuan perusahaan untuk menunjang strategi manajemen pengetahuan dan juga fokus untuk menawarkan layanan dan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.
Kegiatan manajemen pengetahuan Wal-Mart terdapat pada seluruh peta atau jaringan di seluruh toko Wal-Mart terutama untuk hal-hal yang bersangkutan dengan pengembangan teknologi dan implementasi masa depan. Analisis terbaru pada korporasi strategi manajemen pengetahuan telah menunjukkan adanya hubungan antara investasi teknologi dan peningkatan kinerja bisnis. Hal ini kemudian menyebababkan korporasi dapat mengatasi hal-hal berkaitan dengan penerapan manajemen pengetahuan tidak hanya sebagai cara untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan keuangan tetapi juga sebagai usaha untuk tetap kompetitif di dunia bisnis yang bergolak.

Wal-Mart berharap untuk dapat meningkatkan operasi di masa depan melalui penerapan teknik manajemen pengetahuan modern. Ini akan berpengaruh baik untuk menghasilkan peningkatan pelatihan karyawan, inovasi, respon dan juga budaya organisasi yang.

Sumber : Kisumu, Seo. 2011.Knowledge Management-A Case Study of WallMart. http://hubpages.com/business.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar